Sabtu, 28 Juli 2018

Ulkus Peptik

    Ulkus peptikum adalah nyeri terbuka di saluran pencernaan bagian atas. Ada dua jenis tukak lambung, ulkus lambung, yang terbentuk di lapisan lambung, dan ulkus duodenum, yang terbentuk di bagian atas usus kecil.
    Penyebab ulkus peptikum termasuk
        bakteri bernama Helicobacter pylori (H pylori),
        aspirin dan obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID),
            alkohol,
            stres fisik atau emosional,
            kafein,
            merokok, atau
            terapi radiasi.
    Beberapa orang mungkin tidak memiliki gejala ulkus, tetapi gejala umum termasuk
        sakit perut,
        mual,
        muntah,
        kehilangan selera makan,
        penurunan berat badan, dan
        dalam kasus yang parah, pendarahan di perut atau duodenum.
    Pengobatan ulkus peptikum tergantung pada penyebabnya. Perawatan termasuk perubahan gaya hidup seperti berhenti merokok, menghindari alkohol, aspirin, dan NSAID; obat pemblokir asam; obat-obatan yang melindungi lapisan lambung dan duodenum; dan rejimen "terapi ganda" atau "terapi ganda" untuk bisul yang disebabkan oleh H pylori.
    Pembedahan dapat dilakukan dalam beberapa kasus yang tidak merespon perawatan medis.
    Prognosis untuk tukak lambung umumnya baik, dan kebanyakan individu akan membaik dengan obat yang tepat.
    Komplikasi tukak lambung termasuk perdarahan, perforasi, dan obstruksi.

Jenis Dokter Mengobati Tukak Peptik?

Jika Anda mencurigai Anda mungkin memiliki ulkus peptikum, Anda mungkin pertama kali didiagnosis oleh praktisi keluarga atau internis Anda. Anak-anak atau remaja dapat menemui dokter anak. Untuk perawatan lebih lanjut Anda kemungkinan akan dirujuk ke gastroenterologist, spesialis gangguan saluran pencernaan. Jika Anda memiliki keadaan darurat seperti muntah atau sakit perut yang parah, Anda akan dilihat oleh seorang spesialis pengobatan darurat di ruang gawat darurat. Dalam kasus langka di mana operasi diperlukan, Anda mungkin melihat seorang ahli bedah umum.

Kapan Saya Harus Memeriksa Dokter Jika Saya Pikir Saya Mengalami Ulkus Peptikum?

    Jika Anda memiliki rasa panas di perut bagian atas yang lega dengan makan atau mengonsumsi antasid, panggil profesional perawatan kesehatan untuk membuat janji. Jangan menganggap Anda menderita maag. Kondisi tertentu lainnya dapat menyebabkan gejala serupa.
    Jika Anda muntah darah atau memiliki tanda-tanda lain perdarahan gastrointestinal, pergilah ke bagian gawat darurat segera. Tukak peptik dapat menyebabkan perdarahan masif, yang membutuhkan transfusi darah atau pembedahan.
    Nyeri perut yang parah menunjukkan perforasi atau robeknya suatu ulkus. Ini adalah keadaan darurat yang mungkin memerlukan operasi untuk memperbaiki lubang di perut Anda.
    Muntah dan sakit perut juga bisa menjadi tanda obstruksi, komplikasi lain tukak lambung. Ini juga mungkin memerlukan operasi darurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar