Sabtu, 27 Juni 2015

Eksim

Fakta eksim

- Eksim bukanlah penyakit tunggal tetapi pola reaksi kulit yang dihasilkan oleh kondisi nomor.
- Dermatitis atopik, sebuah penyebab umum eksim, lebih umum pada mereka dengan asma dan demam.
- Eksim muncul lepuh kecil yang bisa pecah dan cairan, atau berkulit, menebal plak kulit. Hal ini hampir selalu cukup gatal.
- Penting untuk membedakan berbagai jenis eksim karena perawatan yang efektif sering berbeda.
- Jika eksim diproduksi oleh kulit terpapar zat tertentu, dapat membantu untuk menghindarinya.
- Menjaga kulit yang sehat dan lembab bisa mencegah berbagai jenis eksim.

Eksim adalah sekelompok penyakit yang tidak terkait yang memiliki penampilan yang sama. Saat eksim baru muncul, kulit yang terkena tampak merah dan ditinggikan dengan lepuh kecil (vesikel) yang berisi cairan bening. Ketika lepuh pecah, kulit yang terkena akan mengeluarkan cairan. Saat eksim sudah lama atau eksim kronis, lepuh kurang menonjol dan muncul kulit menebal dan scaling.
Eksim hampir selalu sangat gatal.

Setidaknya ada 11 jenis kondisi kulit yang menghasilkan eksim

- Dermatitis atopik
Kondisi ini memiliki dasar genetik dan mungkin paling sering disebut eksim. Dermatitis atopik cenderung mulai awal kehidupan pada mereka dengan kecenderungan untuk alergi inhalansia, tapi mungkin tidak memiliki dasar alergi. Secara karakteristik, ruam terjadi di pipi, lipatan leher, siku, lutut, dan pergelangan kaki. Jarang, beberapa orang dengan dermatitis atopik bisa mendapatkan infeksi herpes simpleks yang luas yang disebut dermatitis herpetiformis.

- Dermatitis iritan
Terjadi ketika kulit berulang kali terkena zat-zat beracun.

- Dermatitis kontak alergi
Setelah eksposur berulang dengan substansi yang sama, sistem pengenalan kekebalan tubuh menjadi aktif di lokasi paparan berikutnya dan menghasilkan eksim.

- Dermatitis stasis
Biasanya terjadi pada bengkak kaki bagian bawah dari orang yang memiliki sirkulasi yang buruk di pembuluh darah kaki.

- Infeksi jamur
Ini dapat menghasilkan pola identik dengan berbagai jenis eksim, tetapi jamur dapat divisualisasikan dengan gesekan di bawah mikroskop atau tumbuh dalam budaya.

- Kudis
Sisebabkan oleh infestasi oleh tungau gatal manusia dan dapat menghasilkan ruam yang sangat mirip dengan bentuk-bentuk eksim.

- Pompholyx (eksim dyshidrotic)
Adalah kondisi umum tetapi kurang dipahami yang klasik mempengaruhi tangan dan kadang-kadang kaki dengan menghasilkan ruam gatal terdiri dari lepuh kecil (vesikel) pada sisi jari tangan atau kaki dan telapak tangan atau kaki.

- Lichen simpleks kronik
     Menghasilkan plak menebal kulit yang umum ditemukan pada tulang kering dan leher.

- Eksim nummular
Adalah istilah spesifik untuk plak koin berbentuk skala kulit yang paling sering pada kaki bagian bawah dari orang yang lebih tua.

- Xerotik (kering kulit) eksim
Ketika kulit menjadi patologis kering, akan retak dan cairan.

- Eksim seboroik
Ini menghasilkan ruam pada kulit kepala, wajah, telinga, dan kadang-kadang pertengahan dada pada orang dewasa. Pada bayi, di dapat menghasilkan cengeng, ruam oozy belakang telinga dan bisa sangat luas, yang melibatkan seluruh tubuh.

Gejala eksim

Hampir semua pasien dengan eksim mengeluhkan gatal. Sejak kemunculannya sebagian besar jenis eksim sama, penyebaran lokasi bisa sangat membantu dalam membedakan satu jenis dari yang lain. Sebagai contoh, stasis dermatitis terjadi paling sering pada kaki bagian bawah, sementara dermatitis atopik terjadi di depan siku dan di belakang lutut.

Diagnosa eksim

Diagnosis yang akurat membutuhkan pemeriksaan permukaan kulit seluruh dan sejarah yang cermat. Hal ini penting untuk menyingkirkan kondisi dapat disembuhkan yang disebabkan oleh organisme menular. Kadang-kadang, sampel kulit (biopsi) dapat dikirim untuk pemeriksaan di laboratorium. Jika alergi dicurigai, pengujian Patch (tidak menggaruk atau pengujian tusukan) mungkin diperlukan.

Pengobatan untuk eksim


Pengobatan eksim akut membutuhkan siklus penerapan larutan berair encer diikuti dengan penguapan berulang. Hal ini paling mudah dilakukan dengan menempatkan bagian tubuh yang terkena di depan kipas angin setelah kompres.

Eksim ringan dapat merespon kompres air hangat diikuti dengan penguapan udara ruangan. Eksim kronis dapat ditingkatkan dengan menerapkan air diikuti dengan emolien kaku seperti petroleum jelly.

Peran diet pada dermatitis atopik adalah kontroversial. Ada bukti kuat kecil diet memainkan peran penting bagi sebagian besar orang yang mengalami eksim, tidak peduli jenis yang mereka miliki.

Setiap jenis eksim membutuhkan semacam spesifik terapi. Para eczemas termudah untuk menyembuhkan secara permanen adalah yang disebabkan oleh jamur dan scabies. Eksim kontak alergi dapat disembuhkan jika zat alergi tertentu dapat diidentifikasi dan dihindari.

Apakah eksim menular

Eksim disebabkan oleh jamur dan kudis ditularkan kepada orang lain. Tak satu pun dari jenis eksim menular.

Penggunaan krim pelembab atau salep dapat efektif dalam mencegah beberapa jenis eksim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar