Sabtu, 27 Juni 2015

Gatal

- Istilah medis untuk gatal adalah pruritus.
- Penyebab gatal biasanya infeksi, gigitan dan sengatan, infestasi, penyakit kronis, paparan sinar matahari, dan kulit kering.
- Krim anti-gatal dan lotion yang mengandung kapur barus, menthol, fenol, pramoxine (Caladryl, Tronolane), diphenhydramine (Benadryl), atau benzocaine bisa memberikan bantuan.
- Beberapa kasus gatal akan merespon obat kortikosteroid.
- Cara terbaik adalah untuk menghindari goresan bila memungkinkan untuk menghindari memburuknya kondisi dan gangguan kulit yang bisa menyebabkan infeksi bakteri.
- Jika gatal berlangsung lama atau memburuk, atau berhubungan dengan lesi kulit, konsultasi pada perawatan kesehatan profesional yang dianjurkan.

Gatal merupakan iritasi pada kulit yang memunculkan dorongan untuk menggaruk. Gatal adalah masalah yang bisa dialami semua orang dan dapat lokal (terbatas pada satu daerah tubuh) atau umum (terjadi di seluruh tubuh atau di beberapa bidang yang berbeda). Kadang-kadang, gatal mungkin lebih buruk di malam hari. Dalam istilah medis, gatal dikenal sebagai pruritus.

Gatal umum seringkali lebih sulit untuk mengobati daripada gatal lokal. Gatal juga bisa terjadi dengan atau tanpa lesi kulit (benjolan, lepuh, ruam, atau kelainan yang bisa dilihat pada kulit). Gatal yang disertai dengan kelainan kulit yang terlihat harus dievaluasi oleh dokter dan, dalam beberapa kasus, oleh dokter kulit karena masalah tersebut mungkin menjadi suatu kondisi yang membutuhkan perawatan medis khusus (misalnya, eksim, kudis, dll) .

Gejala

Tergantung pada penyebab yang mendasari, gatal dapat berhubungan dengan gejala dan tanda-tanda lainnya. Paling umum, temuan terkait termasuk lesi kulit seperti ruam, lecet, benjolan, atau kemerahan pada daerah yang terkena. Kekeringan pada kulit merupakan penyebab umum dari gatal. Gatal kulit dapat menyebabkan kulit berair (excoriations) dari goresan. Kurang umum, gatal umum bisa menjadi tanda kondisi medis kronis seperti penyakit hati. Dalam situasi ini, mungkin tidak ada perubahan pada penampilan kulit.

Penyebab gatal

Gatal bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Penyebab umum dari gatal adalah psikologis, yaitu, karena stres, kecemasan, atau masalah emosional lainnya. Stres juga bisa memperburuk gatal dari penyebab lain. Kulit kering (xerosis) mungkin merupakan penyebab paling sering dari gatal tanpa ruam. Penyebab lain bia juga gatal kulit terbakar setelah kontak yang terlalu lama dengan radiasi UV dari matahari.

Penyebab lain dari umum gatal yang mungkin tidak menghasilkan ruam atau perubahan kulit tertentu termasuk metabolisme dan hormon gangguan (contoh, hati atau penyakit ginjal, hipertiroidisme), kanker (misalnya, limfoma), reaksi terhadap obat, gangguan aliran empedu (kolestasis ), dan penyakit darah (misalnya, polisitemia vera). Gatal umum dengan reaksi alergi. Gatal juga bisa terjadi akibat sengatan serangga dan gigitan seperti nyamuk atau gigitan kutu.

Infeksi dan infestasi dari kulit adalah penyebab lain gatal. Gatal kelamin, yang bisa menyertai terbakar dan nyeri, pada pria dan wanita bisa terjadi sebagai akibat dari infeksi genital seperti penyakit menular seksual (PMS). Vagina gatal kadang-kadang disebut sebagai gatal feminin, dan penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan gatal-gatal dubur.

Infeksi jamur vagina adalah penyebab lain gatal vagina. Penyebab infeksi umum lainnya gatal termasuk infeksi jamur pada selangkangan (tinea cruris) biasa dikenal sebagai atlet gatal, psoriasis, dan kurap tubuh (tinea corporis). Tipe lain dari infeksi parasit yang mengakibatkan gatal gatal adalah yang disebut perenang. Perenang gatal, juga disebut dermatitis cercarial, adalah ruam kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap infeksi parasit tertentu seperti, burung dan mamalia yang dilepaskan dari siput yang terinfeksi di air segar dan air asin.

Gatal mungkin juga hasil dari infestasi kulit dengan kutu tubuh, termasuk kutu dan kutu kemaluan. Kudis adalah kondisi kulit yang sangat menular yang disebabkan oleh infestasi oleh tungau Sarcoptes scabiei gatal yang diketahui menyebabkan gatal yang intens yang sangat parah di malam hari.

Pruritus Brachioradial adalah kondisi neurologis yang menyebabkan rasa gatal pada ekstremitas atas. Ini biasanya terjadi pada lengan di atas kepala otot brakioradialis, tetapi bisa terjadi di mana saja pada ekstremitas atas. Hal ini sering disebabkan oleh saraf terjepit di leher.

Gatal juga bisa terjadi hasil dari kondisi lain yang mempengaruhi saraf, seperti diabetes, herpes zoster (herpes zoster), atau multiple sclerosis.

Iritasi kulit dari kontak dengan kain, kosmetik, atau bahan lain yang bisa menyebabkan gatal-gatal yang disertai dengan ruam. Reaksi terhadap obat-obatan atau obat-obatan juga bisa menyebabkan gatal luas yang bisa disertai dengan ruam atau gatal-gatal. Kadang-kadang wanita melaporkan bahwa mereka mengalami gatal umum selama kehamilan atau memburuknya kondisi yang biasanya menyebabkan gatal. Kebanyakan orang yang memiliki gatal tidak memiliki kondisi serius yang mendasarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar