Sabtu, 27 Juni 2015

Kulit Kering

Tidak ada penyebab tunggal kulit kering. Penyebab kulit kering bisa diklasifikasikan sebagai eksternal dan internal. Faktor eksternal adalah penyebab paling umum dan paling mudah untuk mengatasi. Faktor eksternal meliputi suhu dingin dan kelembaban rendah, terutama selama musim dingin ketika pemanas sentral digunakan. Faktor internal meliputi kesehatan secara keseluruhan, usia, genetika, riwayat keluarga, dan riwayat pribadi kondisi medis lainnya seperti dermatitis atopik. Khususnya mereka dengan penyakit tiroid lebih rentan untuk mengembangkan kulit kering.

Faktor eksternal yang menyebabkan kulit kering meliputi
- Suhu dingin,
- kelembaban rendah
- Berlebihan mencuci dengan sabun yang keras,
- terlalu sering menggunakan pembersih dan bahan pembersih (alkohol).

Meskipun mandi menambahkan air pada kulit, itu adalah penguapan air dan setelah selesainya perendaman itu yang menghasilkan kulit kering. Kulit yang terasa terlalu kencang setelah mandi bisa menunjukkan penghapusan kelebihan minyak kulit alami.

Salah satu faktor yang paling umum yang menyebabkan kulit kering adalah sering memakai sabun yang keras. Jenis sabun mungkin memiliki dampak besar pada kulit kering. Sabun adalah emulsifier yang menghilangkan minyak pada kulit. Semakin sering kulit digosok dengan sabun, semakin banyak minyak dihapus, akhirnya menghasilkan kulit pengering. Penggunaan berlebihan sabun bisa memperburuk kulit kering.

Selain itu, kulit kering bisa menetap atau memburuk jika menggunakan pelembab tidak benar atau memilih pelembab yang tidak memadai. Kadang-kadang, bahan pakaian yang berbeda juga bisa mempengaruhi kulit kering. Beberapa bahan seperti serat wol atau sintetis cenderung mengiritasi kulit dan memperburuk kulit kering.

Kondisi kulit kering bisa disebabkan oleh obat-obatan mengambil beberapa juga. Beberapa contoh adalah obat untuk tekanan darah tinggi, kolesterol, alergi, dan jerawat. Kadang-kadang, masalah kulit kering bisa menjadi tanda kondisi medis internal. Misalnya, penuaan mungkin inheren membuat orang lebih rentan untuk mengembangkan kulit kering. Selain itu, eksim, psoriasis, diabetes, hipotiroidisme, dan kekurangan gizi adalah semua yang berhubungan dengan kulit kering.

Gejala kulit kering

Gejala utama dari kulit kering gatal. Orang-orang yang memiliki kulit kering bisa sering menemukan kulit kasar, kering, bercak merah pada kulit mereka, dan patch ini sering gatal. Daerah kulit khas terpengaruh termasuk lengan, tangan, kaki bagian bawah, perut, dan daerah gesekan seperti pergelangan kaki dan telapak. Kekeringan kulit menjadi lebih parah, retak dan celah bisa berkembang.

Gejala dan tanda-tanda
- gatal
- Kulit kering kasar
- bercak merah

Perasaan gatal bisa memperburuk tingkat keparahan kulit kering. Gatal bisa mengarah pada pengembangan dari siklus gatal-awal. Artinya, saat seseorang merasa gatal, ia akan merespon dengan menggaruk yang akan meninggalkan goresan yang justru akan memperburuk gatal, dan sebagainya. Siklus gatal-awal sering terlihat ketika kontrol sadar menggaruk rendah atau tidak ada, misalnya saat tidur.

Sebagian besar wilayah kulit kering umum terdapat di
- tangan
- lengan
- kaki bagian bawah.

Terus-menerus menggaruk dan menggosok kulit bisa menyebabkan kulit menjadi tebal dan kasar. Bagi orang lain, bintik kecil, merah, muncul benjolan bisa muncul pada kulit mereka, dan ini bisa teriritasi, terbuka, dan terinfeksi jika tergores.

Umumnya, kulit kering bisa dengan mudah didiagnosis ketika dokter memeriksa kulit secara fisik dan visual. Sementara kulit kering bisa muncul pada setiap jenis kulit pada usia berapa pun, orang tua dan individu yang sering mengekspos kulit mereka untuk penggunaan sabun atau deterjen, lebih rentan untuk mengembangkan kondisi ini. Selain itu, riwayat kesehatan menyeluruh dan review dari sejarah keluarga bisa membantu mendukung diagnosis kulit kering. Berdasarkan riwayat medis, kondisi medis lainnya bisa dikesampingkan atau dianggap. Dalam kasus yang lebih sulit, biopsi kulit bisa membantu untuk mengkonfirmasi diagnosis dan mengarahkan rencana perawatan.

Gatal musim dingin adalah nama umum untuk gejala kulit gatal umum di musim dingin. Hal ini terutama disebabkan oleh kulit kering dan paling sering terjadi pada orang tua. Gatal musim dingin yang disebabkan oleh kulit kering juga bisa dilihat umum pada pasien dengan riwayat eksim, alergi, atau asma. Faktor eksternal, termasuk suhu dingin, kelembaban rendah, dan penggunaan pusat panas, cenderung memperburuk kulit kering selama musim dingin. Oleh karena itu, beberapa orang menyebut kondisi kulit kering di musim dingin sebagai gatal musim dingin.

Kulit kering bisa mirip dengan kondisi genetik yang disebut ichthyosis. Ada banyak jenis ichthyosis. Ichthyosis vulgaris adalah jenis yang paling umum dan itu adalah suatu kondisi kulit kering yang parah, sering muncul pada bagian depan kaki bagian bawah. Ini tidak benar-benar kulit kering, tapi kulit agak bersisik yang disebabkan oleh kegagalan kulit tua untuk mengelupaskan propperly. Ichthyosis vulgaris menyebabkan kering, sisik fishlike. Jenis ichthyosis cenderung berjalan dalam keluarga. Kulit kering juga lebih sering terjadi pada dermatitis atopik, yang diperkirakan memiliki komponen genetik.

Perubahan fisiologis tertentu dan kondisi medis bisa menyebabkan kulit kering. Timbulnya kulit kering mungkin karena penuaan atau perubahan hormon, seperti yang terlihat pada wanita menopause. Dalam beberapa kasus, orang yang memiliki kondisi medis seperti hipotiroidisme, diabetes, atau malnutrisi (misalnya, kekurangan vitamin A) bisa menderita xerosis.

Kondisi medis berikut bisa menyebabkan kulit kering
- Kencing Manis
- Gizi Buruk
- Hypothyroidism
- Dermatitis atopik

Obat untuk kondisi medis seperti tekanan darah tinggi (seperti diuretik), obat penurun kolesterol, dan jerawat (seperti retinoid seperti Retin A) juga bisa menyebabkan kulit kering.

Pengobatan untuk kulit kering

Pengobatan terbaik untuk kulit kering adalah pelumasan harian dengan emolien (zat yang menghambat penguapan air). Kulit kering paling banyak disebabkan karena faktor eksternal, perawatan eksternal seperti krim dan lotion bisa diterapkan dan efektif mengendalikan masalah kulit. Seringkali, kulit kering bisa ditingkatkan dengan menggunakan pelembab. Setelah penyebab lain dari kulit kering telah dikesampingkan, tujuan utama dari perawatan untuk menghentikan gatal, mencegah hilangnya air, dan mengembalikan hidrasi kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar